Breaking News

Pasien Positif Corona Meninggal di Lampung Barat, Tetangga Dusun Gotong Royong Gali Liang Lahat





Lampung Barat, LSTV - Warga Dusun Srigaluh, Lampung Barat bergotong royong menyiapkan pemakaman bagi warga yang meninggal setelah positif terinfeksi virus corona baru atau Covid-19.

Pasien nomor 10 itu meninggal di ruang isolasi RS Abdul Moeloek pada Sabtu (4/4/2020) sekitar pukul 00.00 WIB.

Dari rekaman video amatir yang diterima Lampungstreaming.tv terlihat warga Dusun Srigaluh bergantian menggali liang lahat untuk pemakaman pasien positif nomor 10 itu.

Liang lahat itu disiapkan di TPU Srigaluh, Kecamatan Sekincau, Kabupaten Lambung Barat.

Jenazah pasien positif 10 itu masih dalam proses pemulasaran di RS Abdul Moeloek dan diberangkatkan ke pemakaman pada sore hari.

Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus mengonfirmasi informasi itu. Kata dia, masyarakat tak menolak pemakaman pasien positif corona di dusun mereka.

"Alhamdulillah tidak ada penolakan dari masyarakat. Warga sudah teredukasi dengan baik. Insya Allah, dimakamkan malam nanti, begitu jenazah tiba," kata Parosil saat dihubungi, Sabtu (4/4/2020) petang.

Gotong royong penggalian liang lahat itu, kata Parosil, merupakan buah kerja pejabat setempat yang menekankan pentingnya makna kekeluargaan dalam mengahadapi pandemi virus corona baru.

"Pasien positif ini masih saudara kita, keluarga kita juga. Apalagi jika Islam, hukumnya fardhu kifayah untuk mengurus jenazah atau pemakaman," kata Parosil.

Parosil berterima kasih kepada para warga Lampung Barat, khususnya Dusun Srigaluh yang terbuka dan memahami informasi tentang Covid-19.

"Masyarakat sudah paham, pemulasaraan jenazah sudah ada standarnya. Tidak akan virus itu hidup ketika jenazah dimakamkan," kata Parosil.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Lampung Reihana mengatakan, pasien positif 10 memiliki riwayat perjalanan mengikuti Ijtima Asia di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan pada 19 - 22 Maret 2020.

Pasien berusia 71 tahun berjenis kelamin laki-laki tersebut dirujuk ke RS Abdul Moeloek dari Lampung Barat. (Red)

Posting Komentar

0 Komentar