Breaking News

Aplikasi SIGER BERJAYA Juga Bisa Mengedukasi Wisatawan Tentang Pencegahan Covid-19

 


Bandarlampung - Rencana peluncuran aplikasi SIGER BERJAYA (Polisi Sigap dan Sadar Pariwisata),
yang digagas oleh Dirlantas Polda Lampung Kombes Pol Donny Sabardi H Damanik, bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung, dinilai merupakan terobosan baru untuk meningkatkan kunjungan wisata tapi tetap mematuhi protokol kesehatan di musim pandemi Covid-19.

Aplikasi SIGER BERJAYA ini, tidak hanya menjadi panduan para wisatawan dan menentukan tempat wisata, tapi aplikasi ini juga memberi edukasi terkait pencegahan penularan Covid-19.

Kombes Pol Donny Sabardi, menyampaikan, bahwa kasus positif Covid-19 di Provinsi Lampung cenderung mengalami peningkatan. "Oleh karena itu, menghadapi libur panjang Hari Raya Natal dan tahun baru 2021, penerapan protokol kesehatan di tempat wisata menjadi hal yang wajib. Karenanya melalui aplikasi Si SIGER BERJAYA dimana memuat berbagai tempat wisata di Lampung, dalam aplikasi ini juga memberi edukasi atau informasi masalah Covid-19," ujar Kombes Pol Donny Sabardi, Sabtu (12/12/2020).

Menghadapi libur Natal dan Tahun Baru Dirlantas Polda Lampung Kombes Pol Donny Sabardi H Damanik, selain mempersiapkan jajarannya melakukan Operasi Lilin Natal dan Tahun Baru (Nataru), tapi juga membantu masyarakat untuk berlibur dengan memberi informasi mengenai tempat wisata melalui aplikasi Si SIGER BERJAYA.

Dalam aplikasi SIGER BERJAYA ini memuat objek budaya, industri kreatif, informasi kondisi wisata, informasi jalur akses wisata dan informasi protokol kesehatan. Termasuk nomor kontak Kepolisian, Kesehatan, pemandu wisata, hotel terdekat, restoran dan lain-lain.

Kombes Pol Donny Sabardi mengharapkan masyarakat atau wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata agar selalu menjaga protokol kesehatan. Begitu juga kepada pengelola tempat wisata juga harus menerapkan protokol kesehatan. Ini sesuai Keputusan Kemenkes Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020, tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di tempat dan Fasilitas Umum dalam rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

"Pengelola atau pengembang tempat wisata jangan hanya mengejar target pengunjung banyak, tapi protokol kesehatan harus menjadi perhatian utama. Melalui aplikasi SIGER BERJAYA masyarakat khususnya pengunjung wisata juga teredukasi tentang Covid-19," ujar Kombes Pol Donny Sabardi, perwira menengah Polisi kelahiran Bandarlampung ini.

Kombes Pol Donny Sabardi putra Lampung lahir di Bandarlampung ini, merasa terpanggil untuk membantu Pemerintah Daerah dalam memajukan pariwisata Lampung. "Potensi wisata Lampung sangat besar untuk dikembangkan. Karena potensi wisata Lampung kelas dunia. Karena itu, selama bertugas di Lampung saya terpanggil berkarya untuk daerah kelahiran saya. Saya bisa bertugas di Lampung karena doa Ibu, karena itu saya ingin berbuat dan berkarya untuk daerah kelahiran saya. Dalam hal ini membantu memajukan pariwisata Provinsi Lampung," ujar Kombes Pol Donny Sabardi.

Salah satu langkah yang dilakukan Ditlantas Polda Lampung bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Lampung memperkenalkan aplikasi SI SIGER BERJAYA (Polisi Sigap dan Sadar Pariwisata) yang mempunyai tujuan untuk mempermudah masyarakat umum dalam mendapatkan informasi tentang wisata dan ekonomi kreatif yang berada di wilayah Provinsi Lampung. Aplikasi ini dapat diunduh di play store dengan nama “SI SIGER BERJAYA”.

Semua fitur yang ada di aplikasi ini sangat lengkap dan cocok untuk melengkapi perjalanan pengguna dalam melakukan perjalanan wisata di Provinsi Lampung, seperti lokasi informasi Petugas Kepolisian, lokasi fasilitas umum, nomor darurat dan lain-lain. Anggota Lantas juga diharapkan menjadi intreprenuer dalam melaksanakan tugas sehingga tahu dan paham dimana saja lokasi wisata Lampung.

Ditlantas Polda Lampung telah melaksanakan kerjasama dengan provider Indosat dan XL dalam rangka menghimbau tertib berlalu lintas, protokol kesehatan dan panduan perjalanan aplikasi Siger Berjaya kepada masyarakat umum dalam bentuk pesan broadcast selama Operasi Lilin Krakatau 2020.

Posting Komentar

0 Komentar