Breaking News

PKBI Lambar Beri Pembinaan Anak Pra Sekolah

 


LampungBarat, - Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Lampung Barat (Lambar) melakukan pembinaan kepada kelompok Pembinaan Anak Pra Sekolah (Bina Anaprasa) yang berada di Pemangku Suka Makmur Pekon Bandar Baru Kecamatan Sukau, Kamis (04/03/2021). 

Sekretaris PKBI Lambar Drs. Sandarsyah yang pada kesempatan tersebut mendampingi Ketua Cabang PKBI Lambar Partinia Parosil Mabsus menyampaikan bahwa Kelompok Bina Anaprasa itu diberi nama “LENTERA” yang merupakan singkatan dari Lembah Nurani dan Tenggang Rasa.

"Kelompok Bina Anaprasa ini diberi nama LENTERA yang merupakan singkatan dari Lembah Nurani dan Tenggang Rasa," ucapnya. 

Ia menerangkan, Bina Anaprasa ini pertama kali dibangun pada tahun 1970-an oleh Prof. Dr. M. Haryono Sudigdomarto di jawa timur yang memiliki konsep Bina Anaprasa untuk mengangkat potensi keluarga dan masyarakat dalam mengembangkan pendidikan pra sekolah yang dapat memberikan wadah tumbuh berkembang bagi anak. 

Bina Anaprasa merupakan pendidikan anak pra sekolah dengan sasaran usia 0–6 tahun, dalam pedidikannya meliputi praktik pembinaan dan petunjuk pengisian buku kegiatan kelompok Bina Anaprasa. 

Diketahui, Bina Anaprasa yang berada dipemangku suka makmur tersebut telah mempunyai fasilitas buku-buku, diantaranya Buku tamu, Buku aset/inventaris, Buku surat masuk dan keluar dan 6 (enam) jenis buku kegiatan kelompok yang ditujukan untuk anak yang berusia balita 1-6 tahun.

"Masa balita merupakan masa kritis dalam pengasuhan, oleh sebab itu perlu adanya sebuah pembinaan yang optimal sehingga nantinya anak akan tumbuh kembang dengan baik, sehat, cerdas, ceria, kreatif, dan berbudi pekerti,".

Lanjutnya, "Dengan adanya kegiatan kelompok Bina Anaprasa “Lentera” di Pemangku Suka Makmur ini semoga dapat meningkatkan kesejahteraan Balita dan ibu khususnya," Harap Sandarsyah.

Selain pembinaan terhadap anak, Sandarsyah menambahkan, Bina Anaprasa juga melakukan pembinaan terhadap orang tua khususnya di bidang Keluarga Berencana (KB), kesehatan reproduksi, kesehatan diri, kebersihan lingkungan, peningkatan ekonomi keluarga serta materi pengetahuan praktis lainnya. 

"Kegiatan Bina Anaprasa juga sejalan dengan visi organisasi Perkumpulan KB di Indonesia serta memperjuangkan praktik keluarga yang bertanggung jawab dalam lima dimensi yaitu, Kelahiran, Pendidikan, Kesehatan, Masa Depan dan Kesejateraan," Tutupnya.

Posting Komentar

0 Komentar